Senin, 14 November 2016

PALANG MERAH REMAJA PUSKESMAS PRONOJIWO

Masa depan Bangsa dan Negara terletak di tangan para remaja dan pemuda. Oleh karena itu mereka perlu dipersiapkan dan dipupuk dengan baik dan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, orang tua, pembina pemuda dan masyarakat.

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI, yang selanjutnya di sebut PMR. PMR ini terdapat di PMI Cabang diseluruh Indonesia, dengan anggota lebih dari 3 juta orang, anggota pmr merupakan salah satu kekuatan PMI dalam melaksanakan kegiatan - kegiatan kemanusiaan dibidang kesehatan dan siaga bencana, mempromosikan Prinsip - prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, serta mengembangkan kapasitas organisasi PMI.
Sampai saat ini PMI telah berada di 33 PMI Daerah (tingkat provinsi) dan sekitar 408 PMI Cabang (tingkat kota/kabupaten) di seluruh Indonesia. Salah satu cabang PMI di Jawa Timur yaitu berada di Kabupaten Lumajang. Palang Merah Indonesia tidak berpihak pada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu. Palang Merah Indonesia dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan objek korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya.
Terkait dengan lokasi Puskesmas Pronojiwo yang berada pada daerah rawan bencana seperti: Lahar panas, lahar dingin, gempa, awan panas, angin putting beliung, dan longsor, maka Puskesmas Pronojiwo membentuk Palang Merah Remaja (PMR) yang bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI).
Dalam meninjau kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Puskesmas Pronojiwo Melakukan kaderisasi dan sosialisasi penanganan bencana massal kepada remaja. Pelatihan PMR dilaksanakan di Puskesmas Pronojiwo pada tanggal 13 - 14 september. Struktur Organisasi PMR terdiri dari siswa SMP dan SMA dengan jumlah anggota 22 siswa SMP dan 6 siswa SMA. Palang Merah Remaja (PMR) SMP dan SMA melakukan pengajuan registrasi di Palang Merah Indonesia (PMI) dalam Pembentukan Sub Unit PMR. Menanggapi registrasi tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan pelatihan dan pelantikan Palang Merah Remaja (PMR) SMP dan SMA menjadi sub unit dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang.
Puskesmas Pronojiwo berharap pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) membantu pemerintah Indonesia di bidang sosial kemanusiaan terutama tugas-tugas kepalangmerahan yang meliputi: Kesiapsiagaan Bantuan dan Penanggulangan Bencana, Pelatihan Pertolongan Pertama untuk Sukarelawan.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar