Senin, 14 November 2016

PEMILIHAN DUTA KESEHATAN REMAJA KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2016

Menurut WHO, remaja adalah masa di mana individu berkembang dari saat pertama kali menunjukkan tanda – tanda seksual sekundernya sampai saat ia mencapai kematangan seksual. Individu mengalami perkembangan, biologik, psikologik, dan sosiologik yang saling terkait antara satu dengan lainnya.  Ditinjau dari bidang kegiatan WHO, yaitu kesehatan, masalah yang terutama dirasakan mendesak mengenai kesehatan remaja adalah
kehamilan yang terlalu awal. Berangkat dari masalah pokok ini WHO menetapkan batas usia 10-20 tahun sebagai batas usia remaja.
Menurut peraturan menteri kesehatan RI No. 25 Th. 2014 remaja adalah penduduk dengan rentang usia 10-18 tahun. Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental, dan social secara utuh, tidak semata-mata  bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan system, fungsi, dan proses reproduksi. Program Kesehatan Reproduksi Remaja merupakan topik yang perlu diketahui oleh masyarakat dan para remaja agar mereka memiliki informasi yang benar mengenai proses reproduksi serta berbagai faktor yang ada disekitarnya.
Dalam meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pembangunan, perlu dilakukan pembekalan dini secara terpadu. Dalam bidang kesehatan diperlukan progam terkait untuk meningkatkan partisipasi generasi muda dalam pemangunan kesehatan guna meningkatkan kualitas dan kuantitas generasi muda dalam peningkatan status kesehatan dan pruduksifitasnya.  Menyadari hal tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melaksanakan kegiatanduta kesehatan remaja tahun 2016.
Kegiatan duta kesehatan remaja kabupaten lumajang di ikuti oleh remaja tingkat SMA dan sederajat, perwakilan dari 25 puskesmas sekabupaten Lumajang dengan jumlah peserta mencapai 200 remaja. Pemilihan duta kesehatan remaja dalam rangka memilih kader terbaik dari masing-masing puskesmas yangakan mewakili kabupaten lumajang dalam pemilihan duta kesehatan remaja di Jawa Timur. Puskesmas pronojiwo merupakan salah satu puskesmas yang mengirimkan 2 putra dan 5 putri sebagai perwakilan duta kesehatan remaja Puskesmas Pronojiwo.
Menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan No. 441.5/7333/427.35/2016 Workshop Duta Kesehatan Remaja,  Puskesmas Pronojiwo melakukan  koordinasi dan sosialisasi tentang rencana pemilihan duta kesehatan remaja di SMP Negeri 1 Pronojiwo dan SMA Negeri Pronojiwo.   Remaja yang akan mewakili Puskesmas Pronojiwo di Pemilihan Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang diambil melalui beberapa tahapan seleksi.
Tahapan pertama yang dilakukan yaitu survey bakat remaja yang dilakukan pada masing-masing kelas dengan berbagai jurusan. Dari tahapan ini di diambil 15-20 remaja untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya.
Tahapan kedua dilakukan seleksi wawancara, dari proses ini didapatkan 7 remaja terpilih yang akan mewakili puskesmas pronojiwo dalam pemilihan duta kesehatan  remaja  Kabupaten Lumajang. Tujuh remaja tersebut adalah Ahnaf Mahasin dengan bakat Da’I remaja, Jihan dengan bakat tari, Diana dengan bakat puisi, Maulida Eva dengan bakat modeling, Putri Cahya dengan bakat Puisi, Adinda dengan bakat menyanyi, dan Vriga dengan bakat menyanyi.
Ketujuh peserta mendapatkan pembekalan selama 3 hari sesuai bakat masing-masing sebelum di berangkatkan ke pemilihan duta kesehatan remaja Kabupaten Lumajang.
Pemilihan Duta Kesehatan Lumajang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 November 2016. Pada hari pertama yaitu tanggal 3 November 2016, tahapan seleksi dilaksanakan di Kampus Widya Gama dimulai pada jam 08.00 WIB. Peserta yang telah terdaftar oleh panitia sebanyak 200 peserta yang terbagi dalam 10 kelas. Pada tiap kelas terdapat 5 tim penilai yang berasal dari masing-masing Puskesmas. Hal ini dimaksudkan agar pemilihan duta kesehatan berjalan secara fair play. Dari masing-masing kelas dipilih 2 putra dan 2 putri untuk bergabung dalam pemilihan final sehingga terpilih 40 remaja yaitu 20 putra dan 20 putri.
Pada hari kedua tahapan seleksi dilaksanakan di Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang. Dewan juri pada seleksi final pemilihan Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Petugas Promosi Kesehatan Kabupaten Lumajang dan Pembina Remaja Kabupaten Lumajang. Ketiga dewan juri memiliki beberapa criteria dalam pemilihan yaitu Performance, bakat dan penguasaan materi.
Pertunjukan pertama yaitu perform dari ‘kerikil’ siswa MAN Lumajang yang menampilkan teater dengan tema remaja dan masalahnya. Dilanjutkan dengan penyampain atau pengumuman 10 finalis yang masuk dalam Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang. Dua diantara 10 finalis tersebut merupakan Duta Kesehatan Remaja perwakilan dari Puskesmas Pronojiwo. Finalis 10 besar Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang terdiri dari 5 remaja putra dan 5 remaja putri :
1.   Putri Cahyaning dengan bakat Puisi
2.   Adinda dengan bakat menyanyi
3.   Bastian Bagas Dwi Vilano
4.   Ahnaf Mahasin
5.   Vriga Yulivio Ramayandi
6.   Jihan Nika
7.   Diana
8.   Maulida Eva
9.
10.

Finalis 10 besar Duta Kesehatan Kabupaten Lumajang ini berada dibawah binaan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang yang dipersiapkan dalam menghadapi acara Hari Kesehatan Nasional, peringatan hari remaja sedunia, dan tamu-tamu remaja dari luar Kabupaten Lumajang. Dari 10 finalis ini dipilih 1 remaja putra dan 1 remaja putri untuk mewakili Kabupaten Lumajang dalam pemilihan Duta Kesehatan Remaja di Propinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal LIHAT SURAT  bertempat di Surabaya.
Kami berharap Duta Kesehatan Remaja Kabupaten Lumajang dapat menjadi ujung tombak Kesehatan dalam masyarakat sehingga kesehatan masyarakat lebih terpacu dengan model dari anak-anak remaja. Semoga dengan adanya Duta Kesehatan Remaja, masyarakat kabupaten Lumajang khususnya remaja terhindar dari hal-hal negative seperti narkoba.



Berikut beberapa foto kegiatan Duta Remaja Kab.Lumajang :












Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar