Rabu, 02 November 2016

TEKNOLOGI DENGAN SEGALA MACAM ASESORISNYA



Perkembangan Teknologi dari hari ke hari semakin pesat tanpa peduli sampai dimana kita paham atau kita tau tentang teknologi itu sendiri, padahal terkadang yang kita paham hari ini adalah sudah termasuk dalam kategori jadul atau sudah bisa dibilang ketinggalan jaman.  Di dunia Teknologi Informasi kita tidak boleh tertinggal informasi atau berita terlalu lama, bahkan sebenarnnya kita harus update berita tentang teknologi setiap saat, karena bahkan update informasi teknologi terbaru bisa setia detik ada informasi terbaru bahkan bisa membuat kita terbercak kagum.

Sebenarnnya apa itu TEKNOLOGI INFORMASI??. Teknologi Informasi adalah teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi.
Teknologi Informasi sangat sangat berpengaruh hampir disetiap aspek kehidupan. Dari yang sederhana, hingga yang mutakhir. Di berbagai negara maju dan berkembang, hadir teknologi-teknologi baru yang dapat membantu kita dalam hal perkerjaan.
Dari jaman dahulu sebelum abad 20 sudah ada Teknologi yang bisa dibilang paling canggih(pada masanaya). Namun tentunya teknologi dahulu jauh berbeda dengan teknologi yang saat ini. Contohnya saja mesin tik, dulunya mesin ini digunakan orang-orang untuk membuat dokumen. Namun karena adanya teknologi, sehingga memaksa mesin tik untuk menyudahi jamannya dan digantikan dengan adanya komputer yang lebih efisien. Atau bahkan mungkin 20 tahun dari sekang komputer sudah tidak se efesien lagi untuk digunakan.
Dapat saya simpulkan bahwa Perkembangan teknologi informasi pada saat ini maju sangat pesat dari abad ke 19, menuju abad ke 20. Dapat diprediksikan bahwa abad ke 30 mungkin akan mempunyai perkembangan teknologi yang lebih mutakhir yang akan lebih bermanfaat bagi manusia.
Namun dari setiap perkembangan atau kemajuan atau bisa dibilang perubahan pasti akan terdapat 2 dampak yang berbeda yaitu dampak negative ataupun dampak positif
Dampak positif yang mungkin dapat dirasakan :
1.       Dapat menjangkau segala “sesuatu” lebih jauh dengan adanya internet, kita dapat menjangkau lebih jauh di semua belahan dunia. Contohnya saja kita berjualan, kita dapat menjangkau seluruh Indonesia, atau bahkan mancanegara untuk memperjualbelikan produk kita atau mempromosikan apa yang kita punya. (Dengan adanya internet kita dapat lebih mudah dalam berintraksi atau bertransaksi.)
2.       Metode belajar mandiri, apa yang kita tidak bisa atau kita tidak tau bisa kita langsung berselancar di dunia internet maka kita akan tau dan kita akan menjadi bisa.
3.       Dengan adanya jaringan internet berita dapat disebarkan dengan begitu mudah sehingga manusia tidak harus bergantung pada media cetak semata sebagai sumber informasi yang berguna
4.       Dll
Dampak Negatif yang dapat terjadi akibat perkembangan teknologi informasi :
1.       Sudah menjadi rahasia umum bahwa dengan adanya internet akses pornografi menjadi masalah yang sangat serius, bahkan dapat sangat berpengaruh terhadap perkembangan generasi muda bangsa ke arah yang negatif.
2.       Berbagai macam kejahatan dunia maya yang semakin hari semakin menakutkan.
3.       Budaya malas akan semakin menjamur, contohnya dengan adanya internet Karena dengan adanya internet, kita akan dimanjakan dengan internet. Kita akan lebih senang di depan komputer, atau bahkan sering melalaikan tugas bahkan kwajiban kita.
Agar dapat mencegah dampak negatif atau setidaknya sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka masyarakat terutama kaum remaja perlu diberikan sebuah wawasan yang mendidik serta mengadakan sebuah program sosialisasi  dengan kondisi masyarakat bagaimana seharusnya mereka memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

0 komentar:

Posting Komentar